Tips memilih hosting terbaik dan murah untuk website

Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Pada artikel sebelumnya yang sudah saya bahas mengenaai Apa Itu domain Dan Apa itu hosting. Dalam tulisan saat ini, saya akan memberikan tips untuk pemula bagaimana cara untuk memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website anda.

Sebelum anda bisa melihat daftar pertanyaan berikut ini.

  • Website seperti apa yang anda ingin bangung?
  • Seberapa besar penyimpanan yang anda butuhkan?
  • Seberapa banyak perkiraan pengunjung yang datang ke website anda?
  • Apakah website membutuhkan software teretentu?

Pertanyaan-pertanyaan diatas akan cukup membantu anda untuk menentukan hosting mana yang cocok dengan anda.

Untuk anda pengguna baru dan sedang ingin merintis bisnis online melalui website, kami sarankan untuk menggunakan shared hosting.

Harga murah dan penggunaan yang mudah menjadi alasan saya merkomendasikan hosting tersebut.

Jika anda sudah mencapai limit resource yang ada, anda dengan mudah dapat melakukan upgrade tanpa harus takut kehilangan data yang sudah ada.

Anda dapat upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi atau pindah ke VPS/Dedicate hosting/Dedicate server.

Berikut hosting yang Sering Digunakan Untuk Website

Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting yang dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam satu server. Shared hosting ini banyak dijumpai diseluruh penyedia layanan hosting.

Harga shared hosting sendiri terbilang cukup murah, akan tetapi terdapat batasan resource seperti penyimpanan dan bandwith. Ini karena dalam satu server digunakan oleh banyak pengguna, ibaratnya patungan untuk merawat server tersebut.

Kelebihan
– Harga murah.
– Cocok untuk anda yang ingin memulai bisnis online.
– Terdapat banyak pilihan paket menyesuaikan kebutuhan anda.
– Terdapat Control panel agar anda dapat mengelola website dengan mudah.
– Maintenance pada server disupport dari tim layanan hosting.

Kekurangan
– Performa yang lambat dibandingan dedicate hosting/VPS.
– Resource yang sangat terbatas.

VPS ( Virtual Private Server ) Hosting

Sepertinya namanya Private Server yang artinya file website pengguna akan mendapatkan satu virtual server yang khusus yang hanya bisa digunakan oleh satu pengguna.

Ini menjadikan VPS pilihan tepat untuk anda yang merasa shared hosting sudah tidak dapat mengatasi jumlah pengujung yang banyak.

Kelebihan:
– Memiliki perfoma yang lebih cepat dibandingan shared hosting.
– Dapat menghandle jumlah pengujung yang banyak.
– Kapasistas penyimpanan yang besar.

Kekurangan:
– Biasanya tidak terdapat control panel ( kecuali VPS Managed )
– Butuh keahlian untuk setting server ( Kecuali VPS Managed )
– Harga yang relatif lebih tinggi dari shared hosting

Untuk anda yang tidak memiliki kemampuan untuk setting sendiri, anda dapat menggunakan VPS Managed yang dimana VPS akan dikelola oleh tenaga ahli, sehingga anda tidak perlu pusing dan report mengurus server.

Anda hanya perlu duduk manis dan menjalankan bisnis anda melalui website secara biasa.

Cloud Hosting

Untuk anda yang memiliki bisnis yang harus terus online atau memilik traffic yang sangat tinggi dan tidak ingin kehilangan pengujung maka Cloud hosting adalah jawabanya.

Dikarenakan disaat salah satu server down maka akan ada server lain yang akan menggantikan server yang down tadi. Sehingga website pengguna yang ada diserver pertama tidak akan terganggu.

Jadi website pengguna ditempatkan atau gampanya di duplikat dibanyak server jika suatu saat salah satu server ada yang down, maka akan dibackup oleh server lainnya.

Saya rasa ketiga hosting diatas bisa menjadi gambaran mana yang cocok dengan bisnis anda saat ini.

Jika sedang memiliki budget terbatas bisa menggunakan shared hosting dan nanti bisa upgrade ke hosting yang lebih tinggi.

Berikut Hal Penting Sebelum Memilih Hosting

1. Kapasitas hosting

Tentukan kira-kira seberapa besar website yang akan anda buat, apakah memerlukan ruang penyimpanan yang besar atau kecil. Rata-rata untuk website baru tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar.

2. Teknologi yang digunakan/fitur

Lihat teknologi apa saja yang digunakan hosting tersebut. Apakah teknologi yang ada sesuai dengan kebutuhan website anda. Seperti PHP 7, database, dan teknologi lainya.

3. Support

Layanan support adalah hal terpenting dari sebuah layanan hosting. Dengan support yang memadai tentu anda sebagai pemilik website dihosting tersebut akan mendapatkan dukungan penuh sebagai pelanggan. Biasanay hosting dengan perusahaan besar akan membuka jam support mereka 24×7. Berbeda dengan layanan hosting yang masih kecil biasanya mereka memiliki jam-jam terentu untuk memberikan support.

4. Control Panel

Setiap layanan hosting biasanya memiliki control panel yang berbeda satu dengan yang lain. Tapi yang paling banyak digunakan adalah cPanel dan Plesk Panel. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mempermudah pengguna mengelola website mereka.

5. Keamanan

Keamanan adalah hal penting, anda dapat melihat setiap penyedia layanan hosting akan memiliki fitur keamanan yang serupa Kebanyakan keamanan hosting saat ini sudah sangat mumpuni untuk mencegah terjadinya peretasan.

6. Harga pertama dan perpanjang

Bisanya pengguna baru akan tergiur dengan harga hosting pada tahun pertama, tapi mencari tahu harga perpanjang. Lihat perbedaan harga tahun pertama dan perpanjang akan berbeda. Karena biasanya layanan hosting akan memberikan diskon untuk tahun pertama dan perpanjang akan kembali ke tarif normal.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan dan memilih hosting murah dan terbaik memang gampang-gampang susah. Tapi jika sudah menentukan kebutuhan website anda. Anda dapat dengan mudah membeli hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat tips memilih hosting murah dan terbaik untuk website anda.

Selanjutnya anda bisa membaca “Panduan Lengkap Membuat Website Sederhana Dengan WordPress” Atau …

Anda dapat menggunakan jasa di kerjabareng.id dimana kami menawarkan jasa pembuatan website include dengan domain dan hosting. Jika tertarik bisa hubungi kami melalui WhatsApp untuk diskusi mengenai project anda di 0858 7944 8563 ( Noviyanto )

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *